Rabu, 18 November 2015

Loi Krathong, Festival Lentera Paling Keren di Thailand

Dalam menutup tahunnya, orang Thailand memiliki kegiatan yang sangat unik dan berbeda, mereka melarung sesajen dan juga menerbangkan lentera yang dihiasi dengan lilin ke angkasa.

Sejarah Loi Krathong  
Penduduk Thailand merayakannya untuk berbagai alasan, Musim panen raya telah berakhir dan saatnya untuk mengucapkan terima kasih kepada Air Dewi air (Pra Mae Khongkha) untuk satu tahun dengan pasokan yang berlimpah, serta permintaan maaf karena telah membuat polusi atau mencemari perairan.


Menerbangkan Lentera

Festival ini dinamakan Loi Kratong, Festival ini sendiri dirayakan pada bulan purnama kedua belas pada tanggalan Thailand, hanya berbeda bebeapa bulan dari kalender Masehi, Festival Loi Kratong pada tahun ini jatuh pada tanggal 24, 25 dan 26 November 2015.

Menurut sahabat-sahabat yang tinggal di Thailand, Festival yang paling ramai adalah di daerah Chiang Mai, berbagai acara diadakan untuk menyambut acara ini, seperti lomba lentera tercantik, tari-tarian dan lain sebagainya.

Loi Krathong itu artinya melarung sesajen, Loi sendiri artinya mengambang/melarung, sedangkan krathong adalah wadah kecil atau container (dalam hal ini adalah sesajen), yang dilarung bisa aneka bunga, lilin, serta hio/dupa. karena dilakukan pada akhir tahun, biasanya para peserta Loi Krathong, "make a wish" agar di tahun depannya mereka bisa mendapatkan harapan-harapan mereka.

Krathong

Dan mereka juga percaya, bahwa ini adalah saatnya bagi mereka untuk melarung hal-hal negatif yang ada pada diri mereka, agar di tahun yang baru mereka bisa menjalankan kehidupan yang lebih positif dan lebih baik.
Sumber : google.com

Sumber : google.com

Sumber : google.com
Johanes dengan latar belakang Festival Loi Krathong




Festival Loi Krathong juga dikenal dengan Festival Yi Pheng, yang artinya mengapungkan lentera ke atas langit, melihat begitu banyaknya lentera yang terapung-apung di langit membuat kita semakin bersemangat, sambil menatap ke atas, seraya mengucapkan doa-doa agar di tahun baru semakin sukses dan bahagia.

Jika teman-teman ada di Thailand pada tanggal 24, 25 dan 26 November 2015, pastikan teman-teman untuk hadir di acara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar